Langkah-langkah :
- Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan
tujuan pembelajaran
- Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan
melalui OHP
- Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada
siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar
- Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil
diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
- Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil
diskusinya
- Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
- Kesimpulan
PICTURE
AND PICTURE
Langkah-langkah :
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
- Menyajikan materi sebagai pengantar
- Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar
kegiatan berkaitan dengan materi
- Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian
memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
- Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan
gambar tersebut
- Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai
menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
- Kesimpulan/rangkuman
NUMBERED
HEADS TOGETHER
Langkah-langkah :
- Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam
setiap kelompok mendapat nomor
- Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok
mengerjakannya
- Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan
memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui
jawabannya
- Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan
nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
- Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru
menunjuk nomor yang lain
- Kesimpulan
COOPERATIVE
SCRIPT
Skrip kooperatif : metode belajar dimana siswa bekerja
berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian dari
materi yang dipelajari
Langkah-langkah :
- Guru membagi siswa untuk berpasangan
- Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk
dibaca dan membuat ringkasan
- Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama
berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
- Pembicara membacakan ringkasannya selengkap
mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.
- Sementara pendengar :
- Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok
yang kurang lengkap
- Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan
menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
- Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar
menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
- Kesimpulan Siswa bersama-sama dengan Guru
- Penutup
KEPALA
BERNOMOR STRUKTUR
Langkah-langkah :
- Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam
setiap kelompok mendapat nomor
- Penugasan diberikan kepada setiap siswa
berdasarkan nomorkan terhadap tugas yang berangkai
Misalnya
: siswa nomor satu bertugas
mencatat soal. Siswa nomor dua
mengerjakan soal dan
siswa nomor tiga melaporkan hasi pekerjaan dan seterusnya
- Jika perlu, guru bisa menyuruh kerja sama antar
kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama
beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini
siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokkan hasil
kerja sama mereka
- Laporkan hasil dan tanggapan dari kelompok yang
lain
- Kesimpulan
PROBLEM
BASED INTRODUCTION (PBI)
(Pembelajaran
Berdasarkan Masalah)
Langkah-langkah :
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. Menjelaskan
logistik yang dibutuhkan. Memotivasi siswa terlibat dalam aktivitas
pemecahan masalah yang dipilih.
- Guru membantu siswa mendefinisikan dan
mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut
(menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
- Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi
yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan
masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
- Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan
karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan
temannya
- Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan
ARTIKULASI
Langkah-langkah :
- Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai
- Guru menyajikan materi sebagaimana biasa
- Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah
kelompok berpasangan dua orang
- Suruhlan seorang dari pasangan itu menceritakan
materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil
membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga
kelompok lainnya
- Suruh siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan
hasil wawancaranya dengan teman pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah
menyampaikan hasil wawancaranya
- Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang
sekiranya belum dipahami siswa
- Kesimpulan/penutup
MIND
MAPPING
Sangat baik digunakan untuk pengetahuan
awal siswa atau untuk menemukan alternatif jawaban
Langkah-langkah :
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
- Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan
ditanggapi oleh siswa/sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif
jawaban
- Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang
- Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat
alternatif jawaban hasil diskusi
- Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu)
membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan
sesuai kebutuhan guru
- Dari data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi bandingan sesuai konsep yang disediakan guru
MAKE -
A MATCH
(Mencari
Pasangan)
Langkah-langkah :
- Guru
menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang
cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian
lainnya kartu jawaban
- Setiap siswa mendapat satu buah kartu
- Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu
yang dipegang
- Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai
kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
- Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya
sebelum batas waktu diberi poin
- Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap
siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
- Demikian seterusnya
- Kesimpulan/penutup
THINK
PAIR AND SHARE
Langkah-langkah :
- Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang
ingin dicapai
- Siswa diminta untuk berfikir tentang
materi/permasalahan yang disampaikan guru
- Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya
(kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing
- Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok
mengemukakan hasil diskusinya
- Berawal dari kegiatan tersebutmengarahkan
pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum
diuangkapkan para siswa
- Guru memberi kesimpulan
- Penutup
DEBATE
Langkah-langkah :
- Guru membagi 2 kelompok peserta debat yang satu
pro dan yg lainnya kontra
- Guru memberikan tugas untuk membaca materiyang
akan didebatkan oleh kedua kelompok diatas
- Setelah
selesai membaca materi. Guru menunjuk salah satu anggotanya kelompok pro
untuk berbicara saat itu ditanggapi atau dibalas oleh kelompok kontra
demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan
pendapatnya.
- Sementara siswa menyampaikan gagasannya guru
menulis guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan di papan tulis.
Sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi
- Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkap
- Dari data-data di papan tersebut, guru mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin dicapai
ROLE
PLAYING
Langkah-langkah :
- Guru menyusun/menyiapkan skenario yang akan
ditampilkan
- Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari
skenario dua hari sebelum kbm
- Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5
orang
- Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang
ingin dicapai
- Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk
melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
- Masing-masing siswa duduk di kelompoknya,
masing-masing sambil memperhatikan mengamati skenario yang sedang
diperagakan
- Setelah selesai dipentaskan, masing-masing siswa
diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk membahas
- Masing-masing kelompok menyampaikan hasil
kesimpulannya
- Guru memberikan kesimpulan secara umum
- Evaluasi
- Penutup
GROUP
INVESTIGATION
Langkah-langkah :
- Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok
heterogen
- Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas
kelompok
- Guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi
tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda
dari kelompok lain
- Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah
ada secara kooperatif berisi penemuan
- Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua
menyampaikan hasil pembahasan kelompok
- Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus
memberi kesimpulan
- Evaluasi
- Penutup
TALKING
STICK
Langkah-langkah :
- Guru menyiapkan sebuah tongkat
- Guru menyampaikan materi pokok yang akan
dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk untuk
membaca dan mempelajari materi pada pegangannya/paketnya
- Setelah selesai membaca buku dan mempelajarinya
mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya
- Guru
mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan
pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya,
demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk
menjawab setiap pertanyaan dari guru
- Guru memberikan kesimpulan
- Evaluasi
- Penutup
BERTUKAR
PASANGAN
Langkah-langkah :
- Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru biasa
menunjukkan pasangannya atau siswa menunjukkan pasangannya
- Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas
dengan pasangannya
- Setelah selesai setiap pasangan bergabungdengan
satu pasangan yang lain
- Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan
masing-masing pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mengukuhkan
jawaban mereka
- Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula
SNOWBALL
THROWING
Langkah-langkah :
- Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
- Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing
ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
- Masing-masing ketua kelompok kembali ke
kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan
oleh guru kepada temannya
- Kemudian masing-masing siswa diberikan satu
lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang
menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
- Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan
dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15 menit
- Setelah siswa dapat satu bola/satu pertanyaan
diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis
dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
- Evaluasi
- Penutup
STUDENT
FACILITATOR AND EXPLAINING
Siswa/peserta mempresentasikan ide/pendapat
pada rekan peserta lainnya
Langkah-langkah :
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
- Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
- Memberikan kesempatan siswa/peserta untuk
menjelaskan kepada peserta untuk menjelaskan kepada peserta lainnya baik
melalui bagan/peta konsep maupun yang lainnya
- Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa
- Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat
itu
- Penutup
COURSE
REVIEW HORAY
Langkah-langkah :
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
- Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
- Memberikan kesempatan siswa tanya jawab
- Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat
kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai
dengan seler masing-masing siswa
- Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis
jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung
didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (Ö) dan salan diisi
tanda silang (x)
- Siswa yang sudah mendapat tanda Ö vertikal atau horisontal,
atau diagonal harus berteriak horay … atau yel-yel lainnya
- Nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah
horay yang diperoleh
- Penutup
DEMONSTRATION
(Khusus materi yang memerlukan peragaan atau percobaan misalnya Gussen)
(Khusus materi yang memerlukan peragaan atau percobaan misalnya Gussen)
Langkah-langkah :
- Guru menyampaikan TPK
- Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang akan
dismpaikan
- Siapkan bahan atau alat yang diperlukan
- Menunjukan salah seorang siswa untuk
mendemontrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan
- Seluruh siswa memperhatikan demontrasi dan
menganalisa
- Tiap siswa atau kelompok mengemukakan hasil
analisanya dan juga pengalaman siswa didemontrasikan
- Guru membuat kesimpulan
EXPLICIT
INSTRUCTION
(Pengajaran
Langsung)
Pembelajaran langsung khusus dirancang
untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan proseduran dan
pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan
dengan pola selangkah demi selangklah
Langkah-langkah :
- Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
- Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan
- Membimbing pelatihan
- Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
- Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan
COOPERATIVE
INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
Langkah-langkah :
- Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang yang
secara heterogen
- Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan
topik pembelajaran
- Siswa bekerja sama saling membacakan dan
menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan
ditulis pada lembar kertas
- Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
- Guru membuat kesimpulan bersama
- Penutup
INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE (LINGKARAN
KECIL-LINGKARAN BESAR)
“Siswa saling membagi informasi pada saat
yang bersamaan, dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur”
Langkah-langkah :
- Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil
dan menghadap keluar
- Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar
lingkaran pertama, menghadap ke dalam
- Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil
dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh
semua pasangan dalam waktu yang bersamaan
- Kemudian siswa berada di lingkaran kecil diam di
tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau
dua langkah searah jarum jam.
- Sekarang giliran siswa berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya
TEBAK KATA
MEDIA :
* Buat kartu ukuran 10X10 cm dan isilah ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah pada jawaban (istilah) pada kartu yang ingin ditebak.
* Buat kartu ukuran 5X2 cm untuk menulis kata-kata atau istilah yang mau ditebak (kartu ini nanti dilipat dan ditempel pada dahi ataudiselipkan ditelinga.
MEDIA :
* Buat kartu ukuran 10X10 cm dan isilah ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah pada jawaban (istilah) pada kartu yang ingin ditebak.
* Buat kartu ukuran 5X2 cm untuk menulis kata-kata atau istilah yang mau ditebak (kartu ini nanti dilipat dan ditempel pada dahi ataudiselipkan ditelinga.
Langkah-langkah :
- Jelaskan TPK atau materi ± 45 menit
- Suruhlah siswa berdiri didepan kelas dan
berpasangan
- Seorang siswa diberi kartu yang berukuran 10x10
cm yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa yang lainnya
diberi kartu yang berukuran 5x2 cm yang isinya tidak boleh dibaca
(dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau diselipkan ditelinga.
- Sementara
siswa membawa kartu 10x10 cm membacakan kata-kata yang tertulis didalamnya
sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam kartu 10x10 cm.
jawaban tepat bila sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan di dahi atau
telinga.
- Apabila jawabannya tepat (sesuai yang tertulis di
kartu) maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang
telah ditetapkan boleh mengarahkan dengan kata-kata lain asal jangan
langsung memberi jawabannya.
- Dan seterusnya
CONTOH KARTU
•
Perusahaan ini tanggung-jawabnya tidak
terbatas
•
Dimiliki oleh 1 orang
•
Struktur organisasinya tidak resmi
•
Bila untung dimiliki,diambil sendiri
NAH … SIAPA … AKU ?
JAWABNYA :
PERUSAHAAN PERSEORANGAN
CONCEPT
SENTENCE
Langkah-langkah :
- Guru menyampaikan kompentensi yang ingin dicapai
- Guru menyajikan materi secukupnya
- Guru membentuk kelompok yang anggotanya ± 4 orang
secara heterogen
- Menyajikan beberapa kata kunci sesuai materi yang
disajikan
- Tiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat
dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimat
- Hasil diskusi kelompok. Didiskusikan lagi secara
pleno yang dipandu Guru
- Kesimpulan
COMPLETE
SENTENCE
Media : Siapkan blangko isian berupa paragraf yang
kalimatnya belum lengkap
Langkah-langkah :
- Guru menyampaikan yang ingin dicapai
- Menyampaikan materi secukupnya atau peserta
disuruh membacakan buku atau model dengan waktu secukupnya
- Bentuk kelompok 2 atau 3 orang secara heterogen
- Bagikan lembar kerja berupa paragraf yang
kalimatnya belum lengkap (lihat contoh)
- Peserta diharap berdiskusi untuk melengkapi
kalimat dengan kunci jawaban yang tersedia
- Bicarakan bersama-sama anggota kelompok
- Setelah jawaban benar yang salah diperbaiki. Tiap
peserta disuruh membaca berulang-ulang sampai mengerti atau hapal
- Kesimpulan
TIME
TOKEN
Struktur yang dapat digunakan untuk
mengajarkan keterampilan sosial, untuk menghindari siswa mendominasi
pembicaraan atau siswa diam sama sekali
Langkah-langkah :
- Kondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi
(cooperative learning / CL)
- Tiap siswa diberi kupon berbicara dengan waktu ±
30 detik. Tiap siswa diberi sejumlah nilai sesuai waktu keadaan
- Bila telah selesai bicara kopon yang dipegang
siswa diserahkan. Setiap bebicara satu kupon
- Siswa yang telah habis kuponnya tak boleh bicara
lagi. Yang masih pegang kupon harus bicara sampai kuponnya habis
- Dan seterusnya
PAIR
CHEKS
• APA YANG DILAKUKAN?
• BEKERJA BERPASANGAN
Bentuk tim dalam pasangan-pasangan dua
siswa dalam pasangan itu mengerjakan soal
yang pas sebab semua itu akan membantu
melatih
• PELATIH MENGECEK
Apabila patner benar pelatih memberi kupon
• BERTUKAR PERAN
Seluruh patner bertukar peran dan
mengurangi langkah 1 – 3
• PASANGAN MENGECEK
Seluruh pasangan tim kembali bersama dan
membandingkan jawaban
• PENEGASAN GURU
Guru mengarahkan jawaban /ide sesuai konsep
KELILING
KELOMPOK
Maksudnya agar masing-masing anggota
kelompok mendapat kesempatan untuk memberikan kontribusi mereka dan
mendengarkan pandangan dan pemikiran anggota lainnya
Caranya………….?
1.
Salah satu siswa dalam masing-masing
kelompok menilai dengan memberikan pandangan dan pemikirannya mengenai tugas
yang sedang mereka kerjakan
2.
Siswa
berikutnya juga ikut memberikan kontribusinya
3.
Demikian
seterusnya giliran bicara bisa dilaksanakan arah perputaran jarum jam atau dari
kiri ke kanan
Terima kasih buat Model Pembelajarannya yang cukup lengkap ini. Salam kenal dari admin BlogInfo Sekolah dan Pendidikan
BalasHapusJelaskan 7 (tujuh) langkah-langkah penerapan pendekatan integratif konsep dan nilai dalam pembelajaran IPS di SD
BalasHapus