Rabu, 11 Maret 2015

R*I*N*D*U is Rindu... :)

Kisah ini berawal di pagi hari Jum'at mubarok :)
Seperti biasanya, hari Jum'at adalah hari yang menyenangkan. Karena di hari itu semua anak di Sekolah Alam Jingga akan berkegiatan bersama. Banyak hal yang akan dilakukan di hari itu secara bergantian. Kadang kegiatan memasak, senam bersama, tracking lingkungan sekolah, praktik sains, art and handmade, out bond, atau bahkan sekedar menonton bersama. Pokoknya, hari jum'at adalah hari bersenang-senang.. (^o^)
Apalagi untuk kelas SD1, hari Jum'at adalah hari bebas untuk melakukan banyak hal. Mulai dari boleh jajan es banyak-banyak sampai mandi hujan kalau hari itu turun hujan... hehe.. :D
Soalnya selain hari itu, mereka tidak boleh jajan es apalagi main hujan. Karena, keesokannya kan masih harus sekolah.. jadi harus jaga kesehatan. Giittuu.. (^-^)

Di satu pagi hari Jum'at.. kegiatan bersama kami diawali dengan tracking lingkungan sekolah. Menyusuri jalan sekolah yang beerbatu, melewati lapangan tanah merah, melewati lahan kangkung, melewati tempat pemancingan, menyusuri pinggir sungai, dan kembali lagi ke sekolah. Kali ini, perjalanan terasa berbeda. Entahlah.. mungkin itu hanya perasaanku saja. Jadi saat perjalanan di mulai, aku selalu berusaha untuk menjaga barisan belakang saja. Dan saat itu aku harus menggandeng si aktif di kelas ku... o ya si aktif ini berbeda dengan yang ada di kisah "si aktif" sebelumnya, ini versi 2 nya. Namanya.. Khalis..

Aku sedang menggandeng tangan Khalis saat itu, dimana satu tangan lain miliknya sibuk memegangi celananya yang melorot terus agar tidak terinjak.. (^_^") Alhamdulillah dia tenang saat itu. Tiba-tiba saat akan melewati tempat pemancingan, dia menarik tanganku dan menunjuk satu tempat dekat pemancingan itu..

"Bu, tadi Pak K kan foto di sini ya bu?", tanyanya.

Pak K adalah guru pendampingnya dulu. Tapi sepekan lalu beliau resign dan sekarang aku terkaget-kaget dengan kalimat Khalis. Pak K memang selalu membawa kamera saat kami sedang tracking dan saat beliau berpamitan, Khalis malah menjauh dan tidak mau mendekat ke beliau. Mungkin dia merasa sedih, tapi tidak bisa mengungkapkannya.

"Bukan tadi Khalis.. tapi Jum'at lalu.", jawabku sambil tersenyum. Dan dia hanya ber-ooo saja.
"Kenapa? Khalis kangen yaa sama Pak K..?", tanyaku.
"Ndak..", jawabnya singkat seperti tidak peduli dengan pertanyaanku. Padahal terlihat sekali di wajahnya senyum yang ditahan dan malu-malu.
"Nanti kita cari tau alamat rumahnya ya.. atau kita telpon saja nanti. Jadi kamu bisa ngobrol.", jelasku dan dia hanya senyum-senyum. :)

Ku pikir, pertanyaannya akan berhenti di situ saja. Ternyata sepulang dari sholat Jum'at, aku mendapat cerita dari kepala sekolah ku, bahwa khalis menanyakan Pak K.

"Pak, Pak K liburnya masih lama ya?", tanyanya ke kepala sekolah sambil berjalan bersama. Dan kepala sekolah hanya bisa tersenyum saja, sambil mencari jawaban agar Khalis tidak merasa sedih saat mengetahui Pak K sudah tidak bekerja lagi di sekolah.

Haha.. saat mendengar cerita dari kepala sekolah itu, aku hanya bisa tersenyum dan terharu juga. Ternyata, Khalis si aktif, bisa merindukan seseorang juga. Karena yang ku tahu, dia agak cuek dengan orang di sekitarnya dan lebih senang bermain sendiri. Tapi sekarang? aku bisa melihat sisi lain dari Khalis. Aku juga jadi mengerti, bahwa anak se-aktif dia ternyata punya perasaan rindu juga. Ya.. RINDU.. hanya saja dia tidak bisa mengungkapkannya dan tidak tahu bagaimana cara mengekspresikannya.

Ya.. itu namanya RINDU..
Begitulah rindu, selalu sederhana..
Sesederhana cara berpikirmu Khalis
Sekalipun kamu terlihat tak peduli saat Pak K berpamitan
Entah dikatakan ataupun tidak
entah akan bertemu kembali atau tidak
Tetap saja ada jejak yang membekas
Dan itu.. RINDU... :

NOTE:
Terkadang orang dewasa juga sulit dan malu untuk mengekspresikan sebuah kerinduan atau bahkan mengatakannya. ya ga sih? :)
Tapi setiap orang pasti punya cara yang berbeda untuk menuangkan perasaan yang satu itu. Dan yang paling ampuh adalah menyampaikannya dalam untaian Do'a. Alhamdulillahnya, jika kita seorang muslim, ada baiknya jika kita hafal do'a Robithoh. Itu loohh.. do'a yang biasanya ada di buku Al Ma'tsurat. Sebuah buku kumpulan do'a yang di ambil dari Al-Qur'an dan hadits Rasulullah, Bacaannya seperti di bawah ini...
https://daaruttaqwa.wordpress.com/2011/05/11/doa-robithoh/
"Ya Allah, sesungguhnya Engkau mengetahui bahwa hati kami ini telah berkumpul karena cinta kepadaMu, bertemu karena taat kepadaMu, bersatu karena dakwahMu, dan saling mengika janji untuk membela syari'atMu. KArena itu, kuatkanlah ikatan kesatuannya, kekalkanlah kecintaannya, tunjukilah jalannya, penuhilah ia dengan cahayaMu yang tidak pernah redup. Lapangkanlah dadanya dengan pancaran iman kepadaMu dan tawakal yang baik kepada-Mu. Hidupkanlah ia dengan mengenalMu dan matikanlah dengan meraih syahid di jalanMu. Sesungguhnya Engkau adalah sebaik-baik pelindung dan penolong. Ya Allah, kabulkanlah permohonan kami ini. Semoga shalawat dan salam tercurah  kepada junjungan kami, Muhammad SAW, juga segenap keluarga dan sahabatnya."

Semoga bermanfaat.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar