Jumat, 06 Maret 2015

Teguran & Manset

Aku tidak tau harus mulai darimana aku menceritakannya..
Ada rasa malu saat aku mengingat hal itu..
Dimana ketika mengingatnya, aku merasa telah melakukan sebuah kesalahan..
Kesalahan karena tidak memberi contoh yang baik..
Ya.. aku berbuat kesalahan..
Dan aku ditegur oleh salah satu guru kecilku... :(
Sedih dan malu rasanya..

http://muttaqum.blogspot.com/
Tahukah kalian hai muslimah.. kalian adalah seorang wanita, makhluk ciptaan Allah yang begitu indah. Karena begitu indahnya, maka Rasulullah pun mengatakan bahwa wanita bisa menjadi sumber fitnah. Karena semua yang ada pada dirinya adalah aurat. Dan semua yang ada pada wanita hanya boleh ditunjukkan untuk orang-orang tertentu saja. Karenanya juga wanita di wajibkan untuk menutup auratnya dari ujung kepala sampai ujung kaki dengan mengulurkan jilbab hingga dadanya, bagus kalau bisa lebih dari itu, tapinya bukan pakai mukena juga ya... Dan wanita harus melonggarkan pakaiannya agar tidak terlihat lekuk tubuhnya. Semua yang ada pada dirinya harus ditutup kecuali muka dan telapak tangan. Semuanya perlu dilakukan agar wanita muslimah semakin di cintai dan di lindungi Nya.. :)

Cerita ini tentang sebuah benda kecil, bermula saat aku sedang menulis hari dan tanggal di papan tulis. Saat itu aku mengenakan kaos lengan panjang. Dan itu masih di awal waktu kegiatan kelas. Tiba-tiba dari arah belakangku ada yang berkata..
"Loh, bu.. ibu ngga pakai manset?", tanya seorang anak perempuan.

Seketika itu juga aku langsung menurunkan tanganku dan menghentikan aktifitas menulisku. Ya.. aku memang mengenakan kaos lengan panjang saat itu. Tapi saat aku menulis di papan tulis, lengan bajuku agak turun dan tersingkaplah pergelangan tanganku.

"Ngga Kirana..." jawabku singkat sambil menghadap si pemilik suara dan membetulkan lengan bajuku.
"Loh kenapa bu? kan jadi kelihatan itu tangannya..", tanyanya lagi dengan wajah bingung.

Sungguh.. aku tak tau saat itu ekspresiku seperti apa dihadapan guru kecilku itu. Tapi yang bisa ku katakan, aku merasa malu dan bingung. Karena saat itu, memang mansetku sedang kotor semua. Dan aku hanya punya sedikit manset. Pertanyaan itu adalah pertanyaan yang kedua kalinya selama aku mengenal Kirana. Dulu dia pernah menanyakan hal yang sama setelah dia mencari tau apa nama benda yang kupakai di kedua pergelangan tanganku. Sungguh, sekali lagi ku katakan.. aku malu.. :(

Saat waktu istirahat tiba, aku jadi duduk termenung sendiri memikirkan 'teguran' dari Kirana tadi. Aku tidak menyangka akan di tegur seperti itu oleh anak berumur 7 tahun. Aku jadi teringat kawan-kawan muslimah yang ku kenal di beberapa tempat. Tadinya mereka tertutup rapat, tapi saat bertemu kembali, hal kecil seperti manset pun terlupakan dengan berbagai macam alasan saat aku menanyakan kenapa tidak memakai benda itu. Kenapa? Kenapa harus begitu?

Manset.. Ya.. Manset..
Sebuah gelang tangan yang terbuat dari bahan kaos sepanjang jengkal tangan atau bahkan sesiku. Termasuk benda kecil diantara aksesoris atau pelengkap baju bagi seorang muslimah. Benda yang kelihatannya sepele dan tidak terlalu berguna. Bahkan terkadang membuat tangan jadi gatal. Tapi itu bukan alasan. Karena benda kecil ini memberikan manfaat yang cukup penting untuk seorang muslimah, yaitu melindungi pergelangan tangannya agar tidak tampak terlihat oleh orang lain.

Entah apa yang kalian rasakan setelah membaca tulisanku ini. Tapi sungguh.. ini adalah sebuah teguran yang baik. Apakah pantas jika aku marah pada Kirana karena tegurannya? apakah tegurannya itu salah?

Entah apa juga yang akan kalian pikirkan. Tapi yang jelas ini adalah TEGURAN.
Teguran untuk memperbaiki diri..
Teguran untuk tidak menyepelekan sesuatu..
Teguran untuk mengingat perintah Allah kembali tentang menutup aurat..

Aku hanya ingin menyampaikan kepadamu, kepada kalian wahai muslimah.. Mari kita belajar bersama memperbaiki diri atas hal-hal kecil yang bisa melindungi kita dari amarah-Nya. Jangan sampai karena hal keci, seperti manset tadi, kita menjadi jauh dari-Nya. Risih sih memang awalnya.. tapi kan untuk mendekati-Nya :).

NOTE: 
Kalau baru punya sedikit manset.. artinya harus berusaha bagaimana caranya agar pergelangan tangan tidak tampak lagi saat mansetnya sedang kotor. Harus berusaha membeli benda kecil itu lagi. Biar pun harus menabung dulu selama berbulan-bulan. Atau bahkan kalau harus membelinya secara online, karena tidak ada tempat yang menjual benda itu di sekitar kita... namanya juga usaha kan ya.. Usaha untuk mendekati-Nya.. :) sederhana kan?

Terimakasih Kirana.. :)


2 komentar: